Label

Hari Menanam Pohon Sedunia

TANAM POHON DI SEKOLAH, YUK!

  

Penataan Lingkungan Sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM.
Lingkungan yang nyaman sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Karena, dengan lingkungan yang nyaman akan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Namun tidak mudah untuk mewujudkan kenyamanan tersebut. Udara yang telah tercemar polusi dan sebagai akibat dari Global Warming merupakan satu dari sekian banyak gangguan yang harus dihilangkan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan bersama oleh School of Public Health di Harvard University dan University of North Carolina, dapat dibuktikan bahwa kadar ozon dalam udara yang tercemar polusi, dapat menurunkan konsentrasi, menimbulkan short-term memory dan menurunkan respon otak. Dengan kondisi udara yang tercemar oleh polusi, dipastikan kegiatan belajar mengajar akan terhambat.
Sedangakan udara yang bebas polutan dan banyak mengandung oksigen dapat meningkatkan kinerja tubuh dan otak manusia. Dengan limpahan oksigen yang diterima tubuh dari lingkungannya, proses pembakaran gula dalam sel dapat terlaksana dengan baik. Bila energi dalam sel baik, tubuh dan otak akan berada dalam keadaan baik yang akan menciptakan kegiatan belajar jauh lebih baik pula.
Bahkan, Direktur Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan, Billy Hindra, menuturkan bahwa budaya menanam pohon dalam silabus atau mata pelajaran sekolah harus diadakan.
Untuk itu, demi kenyamanan belajar yang manfaatnya akan kembali pada diri sendiri ada beberapa upaya untuk mewujudkannya. Diantaranya seperti diadakan penghijauan.
Kegiatan penghijaun tentu saja tidak lepas dari pohon. Pohon adalah sumber kehidupan di muka bumi. Peran pohon sangat vital, karena pohon menghasilkan oksigen yang  sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain menghasilkan oksigen, pohon pun mampu menyerap karbon yang tidak dibutuhkan oleh manusia. Polusi udara pun dapat teratasi apabila ada begitu banyak pohon di lingkungan kita. Oleh sebab itu, pohon harus ditempatkan sebagai salah satu faktor penting di lingkungan sekolah.
Dengan menanam sebatang pohon. Setidaknya kita telah turut melakukan sebuah tindakan kecil yang bermanfaat besar. Karena waktu sejenak yang dipergunakan untuk menanam pohon hari ini akan terbalas, minimal oleh oksigen yang kita hirup gratis setiap hari hingga paru-paru kita lelah berkerja.