Label

Hari Anak Nasional

HARI ANAK NASIONAL


Memasuki bulan juli yang tepatnya pada tanggal 23 juli ini, merupakan Hari Anak Nasional, yang mana Hari Anak Nasional adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Di indonesia sendiri peringatan HAN jatuh pada tanggal 23 juli. 2014 ini kita ini kita akan memperingati HAN yang ke-30, peringatan ini juga sudah di mulai sejak 1984, berdasarkan keputusan RI 44, 19 Juli 1984.
Pada peringatan Hari Anak Nasional ini, merupakan saat yang tepat untuk mencermati dan meneliti kembali seberapa jauh bangsa kita dan kita sendiri sebagai orangtua telah memberikan jaminan terpenuhinya hak-hak anak dan perlindungan anak yang merupakan Hak Asasi Manusia. Hak-hak yang di maksudkan bisa saja Hak kebebasan dan Hak kesamaan yang mana setiap anak tidak boleh dibeda-bedakan karena perbedaan ras, suku, agama, budaya, maupun jenis kelamin. Dalam hal ini juga, anak-anak lebih memerlukan perhatian, dukungan dan keamanan. Masa depan dunia yang lebih baik memerlukan dukungan kesehatan, mental dan keamanan anak-anak, tidak selamanya anak yang tinggal bersama dengan orang tuanya dalam kondisi berkecukupan memiliki kondisi yang lebih baik, bisa saja mereka sering mendapatkan prilakuan yang jauh dari keadilan.
Maka dari itu, dengan adanya Hari Anak Nasional ini marilah kita lebih mendengarkan suara anak bangsa dan lebih memberikan perhatian serta kasih sayang kita kepada anak. Di sinilah peran orangtua untuk terus memperhatikan perkembangan anaknya dari kecil hingga remaja dan dewasa. Orangtua yang baik adalah memberikan pilihan kepada anaknya dalam menjalankan hidup ini dengan membimbing dan mengarahkan sehingga tetap dalam jalur yang benar. Hargai juga pendapat anak-anak. Jangan selalu menyalahkan anak, karena itu dapat membuat anak merasa tidak dihargai dan kepercayaan diri anak.
Bukankah tujuan dari HAN adalah untuk mewujudkan anak-anak indonesia yang sejahtera, sedangkan maksud dari anak yang sejatera itu sendiri adalah anak-anak yang gembira, sehat, dan kebutuhannya terpenuhi. Anak-anak perlu hidup sejahtera kerena anak-anak adalah generasi masa depan bangsa. Anak-anak perlu hidup sejahtera agar anak-anak dapat tumbuh kembang secara maksimal sehingga kelak bisa menjadi orang dewasa yang bisa mengelola masa depan Indonesia dengan lebih baik.
Untuk hidup sejahtera, anak-anak perlu dilindungi dan dipenuhi hak-haknya. Sehingga acara HAN menjadi hari istimewa untuk menggugah dan mengingatkan kepada pada pemerintah, orang tua, dan semua pihak. Apakah mereka sudah melindungi dan memenuhi hak-hak anak selama ini?

Oleh karna itu seharusnya orang tua lebih mendidik anak nya sendiri dengan didikan yang tegas dan halus serta memberikan contoh-contoh yang baik terhadap anak karena keluarga merupakan didikan yang pertama dan lebih dekat dengan anak. Bukan kah anak adalah titipsn tuhan yang paling berharga, maka dari berilah mereka kasi sayang dan perhatian yang tulus.